Senin, 02 Juli 2012

Industri Kerajinan Sandal

Industri rumah tangga kerajinan sandal batik di Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menembus pasar luar negeri.
Dari ujung rambut hingga ujung kaki Magetan dapat menjadi ide bagi industri rumahan. Di tangan perajin, alas kaki pun dapat mendatangkan rezeki. Seperti halnya usaha yang dikelola pasangan suami istri Hendrik Yulianto dan Ana Setyawati ini telah digeluti sejak lima tahun terakhir. Awalnya pasangan ini sempat kesulitan modal dan pasar, namun kini sudah sangat berbeda. Usaha ini tak kalah saing dengan usaha lain, setiap bulannya industri sandal ini menghasilkan rata-rata 2.600 pasang sandal batik.
Selagi perhatian orang pada batik belum berpaling, sandal batik buatannya mengambil ceruk yang cukup besar. Harga tiap pasang sandal ini bervariasai dan terjangkau, antara 10rb sampai 20rb, harga tersebut tergantung pada motif dan cara pembuatanya yang super ulet. Jika perajin lain mungkin ‘tumbang’ ketika dibanting oleh kondisi ekonomi yang membuat hasil produksi tersendat-sendat di pasar, pengusaha yang satu ini tetap telaten membuat sandal batik. Ketekunan dan keuletannya membuahkan hasil. Kini dia mampu menembus pasar luar negeri di samping memenuhi pasar dalam negeri.
Pasar sandal batik ini sudah cukup menjanjikan. Selain daerah lokal Magetan, sandal batik ini sangat berkembang pesat, mulai dari Yogyakarta, Jakarta, Bali, hingga Kalimantan. Sandal batik ini juga banyak dipesan sejumlah hotel dari berbagai daerah dan menembus pasar luar negeri di antaranya Belanda, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Omset yang diraih juga lumayan banyak, yakni minimal mencapai Rp20 juta setiap bulan. Sedangkan bahan baku limbah kain batik, didatangkan dari daerah penghasil kain batik, di antaranya Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan dengan harga yang relatif sangat murah
Inilah suatu kebanggaan tersendiri di Kabupaten Magetan, yang bisa membawa nama baik Kabupaten ini hingga tingkat INTERNASIONAL.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tlg minta nmr tlpn nya

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Menuju Magetan Kumandang. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Download Royalty free images without registering at Pixmac.com