Senin, 02 Juli 2012

Seni Bela Diri di Magetan

Pencak Silat adalah seni bela diri yang banyak digemari oleh kaum laki-laki yang ada di kota Magetan ini. Tapi Pencak Silat adalah lebih dari sekedar sebuah bentuk pertahanan diri atau seni berperang. Ini adalah sebuah sistem lengkap pengembangan pribadi, dengan filosofi sendiri dan kode etik. Dengan demikian, dapat berfungsi sebagai jalan pembangunan bagi mereka yang ingin berlatih seni pertempuran.Ini adalah bentuk yang efektif untuk membela diri, di mana pengguna mempekerjakan antara pukulan lain, daging, tendangan, klem, menyapu kaki dan teknik gunting, tapi biasanya kebanyakan para remaja menggunakannya dengan cara yang salah, yaitu dengan tawuran antar pencak silat.
Berikut adalah macam perguruan bela diri yang ada di Magetan :
1.       1. Persaudaraan Setia Hati (SH), diturunkan dari Persaudaraan Sedulur Tunggal Kecer yg didirikan oleh Ki Ngabehi Suro Diwiryo dan menurunkan banyak perguruan silat seperti: PSHT, SH Winongo, SH Putih.   Pusat perguruan ini berdomisili di Madiun, Jawa Timur.
2.       2. Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) - sebelumnya bernama Silat Mardi Anoraga Sakti, didirikan oleh Eyang Mursid. Tahun 1964 menjadi Pencak Silat Cempaka Putih yang didirikan oleh Eyang Wagiman (anak Eyang Mursid), yang juga terkenal dengan silat hadirannya. PSCP berdiri di kecamatan Panekan, Magetan, dan mempunyai anggota di seluruh Indonesia serta luar negeri.
3.       3. Silat Perisai Diri – teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo (mendapat penghargaan pemerintah sebagai Pendekar Purna Utama) yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu siauw liem sie (shaolin) selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum.
4.       4. Silat Merpati Putih - perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong.
5.       5. IKS.PI(Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia) KERA SAKTI - didirikan oleh R.Totong Kiemdarto di kota madiun jl.merpati no.45 pada tahun 1980, merupakan aliran tenaga dalam,dan perpaduan dari silat di nusantara dan KUNG FU.
6.       6. Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas, didirikan di kecamatan kare Madiun Oleh bapak Koestari Adi andaya (seorang purnawirawan TNI-AU AURI) pada tanggal 10 Nopember 1972 yang bernaung di bawah IPSI. Persilatan ini mengajarkan warga dan siswanya menjadi tangan-tangan penyelamat, menyelamatkan dirinya sendiri dan orang lain dalam tafsir yang sangat luas serta berpegang teguh pada “Hablum Minalloh Wa Hablum Minannas”.
7.       7. Perguruan Seni Ilmu Beladiri Kung Fu IKS.PI. Kera Sakti didirikan oleh Bapak R.Totong Kiemdarto pada tanggal 15 Januari 1980 di Jl. Merpati No. 45, Kel. Nambangan Lor, Kec Mangunharjo, Kodya Madiun. Adapun nama dari perguruan ini semula adalah IKS.PI. yang artinya adalah Ikatan Keluarga Silat "Putera Indonesia" tetapi ketika perguruan mulai berkembang diberi nama tambahan "Kera Sakti" dibelakangnya, sebab masyarakat maupun murid murid perguruan lebih mengenal nama jurus perguruan yaitu teknik jurus keranya daripada nama asli perguruan. Untuk itu selanjutnya dalam memudahkan pencarian identitas perguruan sekaligus secara tidak langsung menambah wibawa nama perguruan maka disebutlah IKS.PI. Kera Sakti.
8.       8. Dll, sebenarnya banyak sekali perguruan seni bela diri di Magetan itu, maaf jika saya hanya menuliskan beberapa perguruan ini, untuk lebih jelasnya silahkan anda share ke Magetan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Menuju Magetan Kumandang. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Download Royalty free images without registering at Pixmac.com